Feeds:
Pos
Komentar

Archive for Oktober, 2008

Kita dan prinsip

(Karena kita makhluk pencontek

Prinsip kita,

cuma sejauh mata memandang.

Sejauh kepencapaian kita mendapati tauladan yang pantas dikagumi

La yukallifuLlahu nafsan illa wus’aha (lebih…)

Read Full Post »

Pro Kontra, pro kontra, pro kontra.

Sebenarnya kenapa sih ?

Pertama dari standar moral dulu

Sebenarnya yang disebut moral itu ada standarnya gak ya ?

Kalo ada, terus yang berhak membuat standar itu siapa ?

Ayo, siapa coba … ? ūüėÜ

Ada beberapa option seperti berikut : (lebih…)

Read Full Post »

Alhamdulillah … ūüôā

Melintas suatu pencerahan … ūüôā

Tentang pemikiran dan tindakan-tindakan sederhana, tetapi menaklukkan.

Seperti ini :

[1] Kyai blogger kita saat mudik lebaran kmaren sempat-sempatnya menyebar lembaran rupiah ke tetangga faqir-miskinnya, berbagi atas keterdesakan hidup. Sederhana banget. Tapi coba saja setiap kita melakukan itu…

[2] Seorang teman [senior] lama menulis di milis kami tentang ide pemrograman aplikasi database dengan mengadakann fungsi baru (user defined function) di sisi server demi performance, security dan integritas data. Sederhana tapi menohok. Beberapa permasalahan database selama ini menjadi terpecahkan dengan cost yg tentu saja lebih irit.

[3] Satu komunitas partai di musim pemilu lalu membuat beberapa teman kesem-sem gara-gara demo dan aksi mereka terlihat bersih, teratur dan tertib. Sederhana saja, mereka bawa kantong kecil dari rumah lalu memungut setiap potongan sampah di lokasi aksi masing-masing. Coba saja setiap aksi demo dapat mencontek semacam itu, pasti semua kita pada kesem-sem pada partai-partai politik yg bejibunan saat ini. Hati-hati ini ada pesan kampanye nya :mrgreen:

[4] Seorang teman [sukses] lain mengirim melalui email¬† ke milis tentang dialog Imam Ghazali dan muridnya¬† seperti ini : (lebih…)

Read Full Post »

Kebanyakan kita cuma merasa (mengaku) berperan pada keberhasilan (kemenangan) saja, tetapi justru merasa (mengakunya) sebagai pengamat (pihak luar, oposisi, pengkritik, pelengkap penderita) kalau terjadi kegagalan.

Ini maksudnya apa ? ūüėÜ

Misal, bayangkan seperti ini :

Apa yang terjadi jika ummat ini (Islam) pada suatu ketika mengalami kemajuan yang cukup berarti. Berdasarkan tuturan di atas maka setiap kelompok dan termasuk pribadi sepertinya akan merasa lebih berperan. “Itu karena kami, yang itu karena saya“.

Sebaliknya, (lebih…)

Read Full Post »