Feeds:
Pos
Komentar

Archive for Desember, 2007

Sebentar lagi kita akan memasuki tahun baru hijriyah (1427 H ke 1428 H) {update} dan juga [yg lebih dekat] tahun baru masehi (Selamat tinggal 2007 – Selamat datang 2008). Pengennya mau menuliskan sesuatu [juga] sebagai refleksi diri, tetapi kayaknya kekurangan energi nih untuk itu. Dan akhirnya, cuma ingat satu hal, yaitu tentang fenomena negeri ini yang belum juga beranjak maju setelah “digebyar” di tahun reformasi (1998) dulu.

Ah, nafa ya ? Padahal sebagian orang2 yg dulunya begitu kritis meributi masa-masa “represif” orde baru sudah [berhasil] duduk di tampuk kepemimpinan [kekuasaan]. Tapi banyak orang berkata, “Sama saja bung”. 😦
Lagi-lagi nafa ya. Apa sih gunanya kalian2 duduk di perlemen itu, bahkan sudah sampe di eksekutif segala kan ? 😦 Apa benar seperti kata berita : demi mobil mewah, laptop baru, Maen ke luar negeri, kontrakan rumah yg berlebihan, tunjangan sana-sini… dstnya dstnya, di atas gaji pokok yang sudah sangat alhamdulillah itu.

Oh teman2 Parlemen …
Atas nama anda yg kami tancapkan tanggungjawab itu. Dimana, dimana, dimana ?

Masih layakkah kita berdoa untuk mereka ? Lho kenapa ? Kenapa bertanya ? Adakah yang salah ?

Begini, (lebih…)

Iklan

Read Full Post »

Toleransi Yang Luar Biasa

Toleransi yang luar biasa (di luar kebiasaan kah ?) telah berhasil diperlihatkan oleh sejumlah teman2 muslim saat menyikapi perbedaan antara kebolehan dan ketidakbolehan dalam mengucapkan Selamat Natal terhadap teman non muslim (nasrani) nya. Jangankan sekedar memahami, bahkan sejumlah teman2 muslim ada yg secara pro aktif menyampaikan UCAPAN SELAMATAN TERSEBUT demi memperlihatkan sikap toleran-nya. Eh, jangankan sekedar pro aktif bahkan sejumlah teman2 muslim lain telah dengan rela (ikhlas kah ?) mengawal kegiatan peribadatan di sejumlah gereja akibat teror (bom siluman) masa lalu yang konon secara tidak langsung menjadi diakui bahwa itu dilakukan oleh teman2 muslimnya yang memiliki pemahaman luar biasa pula DALAM HAL INTOLERANSI secara berbeda (berlebihan).

Mainstream baku pemahaman kebanyakan kaum muslim [tentu] saja standar dalam menilai siapa sesungguhnya Isa as (Yesus). Bahwa Isa as adalah hanya seorang nabi dan rasul (utusan) Allah, dan profesinya tidak diakui ummat muslim secara umum untuk sampai kepada derajat (sifat ) Ke-Tuhan-an. Bermulanya kelunakan pemahaman sejumlah ulama dalam menyikapi ucapan SELAMAT NATAL tentu bukan dimulai dari titik ini (lebih…)

Read Full Post »

Mukaddimah

speedy.jpgAkhirnya berhasil juga rayuan marketing telkomspeedy itu beberapa hari yg lalu. “Pak, pasang speedy dong. Kalo memang sampai 200 rb an perbulan untuk bayar telkomnet_at_instan apa gak lebih baik pake speedy aja yg cuma 100 rb perbulan khusus untuk [profesi] bapak. Lebih cepat dan lebih OK lho…

Saya pikir marketing-er ini kok tega2 nya menjatuhkan nama baik kakak kandung perusahaan sendiri demi menjajakan mainan baru [speedy] nya ini. Ah, bodo ah, kenapa mikiran urusan internal mereka. Dan terakhir memang akhirnya pikiran ini memutuskan untuk memasang akses speedy di rumah.

Yang pertama mengisi sejumlah borang. Ah, ini pekerjaan yg paling ku tak suka, berkadar rutinitas (yg ditanya itu2 aja) dan pekerjaan pencatatan manual itu (paper oriented) yg membosankan. Kayaknya waktu itu asal aja ngisi form/borang nya (form atau borang ya yg lebih benar eyd-nya), oh… jangan2 ada jebakan (#su’udzan mode on), kebiasaan buruk nih. Besok harinya ada petugas yg nelpon apa sudah punya modem adsl atau belum, kalo sudah mereka mau instalasi segera (cepat juga ya prosesnya). Karena waktu itu di kampus lagi ada kerjaan yg membuat pulang sering agak malaman, diputuskan aja untuk membeli modem tawaran [marketing] telkomspeedy itu (Aztech, 330 rb an). Padahal niatnya pengen punya modem yg ada wi-fi sekalian, tapi ya sudah ntar2 aja yaaah …

Sehari saja setelah modem datang, petugas speedy lain (teknisinya) sudah minta waktu untuk datang meng-instal (ngebet benar ya). Esoknya, tidak sampai 15 menit si petugas kotak-katik di rumah semuanya rebes eh beres dah. Speedy says,”I’m coming oo..i”.

Coba2 sebentar, eh OK juga nih. Waktu di test pake ini, benar juga bisa mencapai 300 kbps, dan waktu coba pake ini malah kadang lebih dari 384 Kbps. Coba lagi download sekitar 5 puluhan MB (download apa waktu itu ya ?), benar lho… cepat eh speed, gak sampe 10 menit. Kayaknya speedy OK juga nih … 😆

Ketidaknyamanan itu

Yang pertama, koneksinya gak stabil. Kadang lagi enak2 nya browsing (lebih…)

Read Full Post »

Dari Pelatihan 5 (lima) hari penuh ini

Hari Rabu ini (19 Desember 2007) adalah hari terakhir pelatihan mekatronika yang diadakan di kampus kami yang kegiatannya sudah dimulai sejak 14 Desember 2007, yaitu 5 (lima) hari sebelumnya. Mulanya saya berpikir kalo ini bukan bidang (minat) saya [lagi], karena pada akhir-akhir ini minat akademik saya lebih cenderung ke bidang IT. Tetapi oleh karena pelaksanaannya menggunakan ruangan [lab] dimana saya biasa “bertengger” alias menghabiskan waktu kalo lagi ngantor eh ngampus, ya mau tak mau harus ikut2 an juga mempersiapkan beberapa hal yang perlu dibenahi. Saya tentu saja sebagai “penguasa” ruangan lab cukup bercerah-ria. Apa lacur ? Karena dengan adanya kegiatan tersebut suasana lab saya jadi dibenahi dan saat ini sedikit lebih “Wah”deh untuk ukuran laboratorium Perguruan Tinggi Swasta. Gmana tidak dibenahi, pelatihan ini dipromotori oleh sebuah Organisasi Islam yang kiprahnya bagi kemajuan Pendidikan dan Kebudayaan [Islam] cukup bagus. Kali ini mereka membawa 2 (dua) nara sumber di bidangnya, yakni : seorang Ph.D di bidang mekatronika bersama Profesor -nya yang berasal dari Bogazici University.

Waktu untuk kegiatan yg cukup padat (pagi s/d sore) membuat saya kehilangan keberlebihan untuk membuat postingan baru bahkan (lebih…)

Read Full Post »

Perfectionist

Postingan ini berpeluang untuk dinilai “sok tau aja” karena secara sok2 an akan membahas kajian bertema psikologis. Mungkin terpengaruh dengan aliran sesat profesor kita (amii..n) yang sudah ngobrolin fenomena psikologis nya duluan. Tapi sebagai bagian dari proses pembelajaran sendiri semoga gak ada masalah. Toh, kan ada ahlinya untuk minta izin nulis ginian (kapan ?) dan sekalian mohon koreksinya .. (kayak pembimbing skripsi aja). 😉

Tentang Perfectionist itu

Haruskah segala sesuatunya itu matang terlebih dahulu baru kita bergerak dan bertindak ? Bagi seorang perfectionist, jawabannya : ya.

Lalu, apakah ini sikap yang baik ? Jika kita berpikir moderat, maka jawaban semestinya adalah : ya dan tidak. Maksudnya, di satu sisi sikap perfectionist adalah baik (normal) tetapi (lebih…)

Read Full Post »

Dasar Mahasiswa Swasta

Ini teriakan seorang rekan dari ruangannya beberapa waktu yang lalu.. Yah… anggap saja waktunya sudah lama sekali. 😉

Dasar mahasiswa swasta“, begitu awal makiannya. Eh, ma’af, itu kalimat makian gak ya ? 😆

Diberi tugas sejak minggu lalu, hari ini tak satu pun yang mengumpulkan. Disuruh baca bab III minggu sebelumnya, tak satu pun ada yang sangkut di kepalanya. Sudahlah nilai2 ujiannya gak ada yg beres, tugas juga gak dikerjain. Bah, masam mana pula kalian ini ha… Ke laut aja lah kalo gitu pas tamat kuliah nanti”.

Saya senyum2 saja membaca kalimat grutu di atas. Bukan karena apa-apa lho… (lebih…)

Read Full Post »

Bermaksud menyalip sebuah truk melalui bahu kiri jalan tol, tiba-tiba travel itu tergelincir dan meluncur tak terkendali ke pinggiran jurang yang biasa ada di sepanjang tol. Sempat terhuyung-huyung dan terguncang beberapa kali lalu menubruk keras sebuah tembok pabrik, terbalik dan terhenti seketika. Ketika tersadar posisi badanku sudah tidak seperti biasa. Dan… Ya Allah, dimana istri dan anak2ku ? Setengah sadar aku mencoba berdiri dan melihat di sekitarnya sudah berantakan … Allahu Akbar – AstaghfiruLlah. Ada yang menjerit ada yang menangis…

Kronologis

Sabtu itu (1 Desember 2007), aku, istri dan 3 (tiga) anak2 [kecil] lucu kami berencana ke Bandung (lebih…)

Read Full Post »